Cara Memperlambat Kerontokan Pada Rambut

Emm bagi kamu" yg rambutnya sering rontok nih aku punya cara untuk memperlambat rambut rantok, tapi sebelumnya kita harus tau dulu kenapa rambut bisa rontok ...
sebetulnya, kerontokan rambut adalah hal yang normal. Pada pria kerontokan rambut biasanya terpusat pada satu bagian dan paling sering terjadi adalah pada mahkota atau pelipis. Sedangkan kerontokan rambut pada wanita umumnya terjadi pada beberapa tempat sekaligus.

Secara medis, jika rambut berguguran 50-80 helai dalam sehari itu masih dalam batas normal. Bahkan sampai 100 helai pun masih dianggap sebagai juamlah yang wajar. Karena, rambut yang rontok memang sudah masanya untuk gugur, dan memberikan tempat bagi rambut baru yang akan tumbuh. Itu adalah siklus pertumbuhan rambut yang normal.

Penyebab Kerontokan disebabkan karena,,
1. Stres. Stres juga menaikkan tingkat hormon kortisol yang diperlukan agar tubuh mampu berfungsi dengan efisien. Namun, terlalu banyak jumlah kortisol bisa mengakibatkan sistem tubuh menjadi lemah dan ini mengakibatkan gangguan kuku rapuh serta rambut rontok.

2. Diet. disebabkan karena folikel (akar rambut) membutuhkan suplai darah yang sehat dan penuh gizi. Ketika tubuh tidak mendapat cukup gizi, maka tubuh akan menggunakan cadangan gizi yangg ada untuk organ-organ yang lebih penting seperti jantung, hati, ginjal dan mengabaikan bagian lain yang dirasa kurang penting seperti rambut dan kuku. Tidak heran ketika tubuh mengalami kekurangan gizi, rambut pun berguguran karena tidak ada gizi untuk menghidupinya.

3. Hormon. Dua hormon utama yang memengaruhi pertumbuhan rambut adalah hormon androgen pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Estrogen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Contohnya pada masa kehamilan. Ketika hamil, tingkat estrogen meningkat sehingga fase pertumbuhan dari folikel pun jadi lebih panjang. Sebaliknya, ketika estrogen berkurang, kerontokan pun cenderung terjadi. Contohnya, pada masa menopause.

Kebalikan dari estrogen, hormon pria androgen justru dapat meningkatkan kecenderungan rontoknya rambut. Karenanya tidak heran jika pria cenderung lebih rentan terhadap kebotakan dibanding wanita. Bahkan, ada jenis kebotakan yang disebabkan oleh kelebihan
hormon androgen yang disebut dengan androgen dependant alopecia.

4. Hair Extension. Penyambungan rambut dapat menyebabkan jenis kebotakan yang disebut traction alopecia. Ini adalah jenis kebotakan yang disebabkan karena akar rambut tertarik oleh berat dari rambut tambahan yang disambungkan tersebut.

Solusi: Konsultasikan kepada dokter ahli kulit dan rambut yang melakukan penyambungan rambut. Jangan sampai, hasrat Anda untuk memperbaiki penampilan rambut, justru merusak rambut asli yang sudah ada.(sumber: Majalah Lisa)

Semakin bertambahnya usia, baik pria maupun wanita akan mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan atau penipisan rambut. Proses penuaan yang tidak bisa kita cegah, namun bisa diperlambat. Ini ada beberapa tip untuk memperlambat kerontokan pada rambut :

1. Hindari penataan rambut yang sifatnya menarik rambut, seperti menguncir, menjepit, atau mengikat rambut. Tarikan pada rambut bisa menyebabkan rambut rontok, terutama di bagian sisi kepala. Tipe kerontokan seperti ini disebut juga traction alopecia. Jika tarikan rambut menyebabkan parut kulit kepala, akibatnya adalah kebotakan permanen.

2. Menyisir rambut terlalu sering bisa membuat rambut patah. Karena itu, hindari menyisir rambut secara berlebihan. Gunakan sisir dengan gigi jarang dan sikat yang lembut. Dalam kondisi basah rambut lebih rapuh dibanding saat dalam keadaan kering. Karena itu, berhati-hatilah menyisir rambut setelah keramas.

3. Mencuci rambut dengan shampo terlalu sering bisa berakibat buruk pada rambut. Gunakan conditioner atau krim rambut setelah keramas agar rambut lebih mudah disisir.

4. Penggunaan minyak rambut atau bahan-bahan perawatan rambut lain secara terus-menerus akan menyebabkan inflamasi di bagian folikel rambut. Akibatnya rambut jadi mudah rontok.

Rata-rata kita memiliki rambut sekitar 100.000 helai. Setiap hari rambut akan rontok hingga 100 helai. Pada umumnya rambut akan bertahan hingga 4,5 tahun dan tumbuh setengah inci setiap bulan. Pada tahun kelima, rambut akan rontok dan dalam waktu enam bulan digantikan oleh rambut baru.

Sumber : blog.purpledaylily.net


Comments :

2 komentar to “Cara Memperlambat Kerontokan Pada Rambut”
Unknown mengatakan...
on 

salam sahabat
ehm sangat bermanfaat dan ternyata hormon juga berpengaruh yach makasih n good luck

Rinda mengatakan...
on 

iah slam sahabat juga ^_^
iah makasih atas sarannya :)

Posting Komentar