Sistem Informasi Arus Kas Perusahaan Edible Printing

PENDAHULUAN

Dari Wikipedia, dikutip bahwa Sistem informasi adalah serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna.Adapun kerangka kerja sistem informasi dibagi menjadi 2 yang utama yaitu : Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi.
Transaksi adalah kegiatan yang mempengaruhi atau merupakan bagian dari kepentingan perusahaan yang diproses oleh sistem informasinya sebagai unit pekerjaan.
Transaksi ada yang bersifat keuangan dan non keuangan



Sebuah SIA dapat menambah nilai dengan cara:
* Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
* Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
* Meningkatkan efisiensi
* Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
* Meningkatkan sharing knowledge
* menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan.

Perusahaan edible printing adalah perusahaan yang bergerak dibidang photo printing khusus untuk Cake atau bisa kita sebut Photo Cake, Yang dimaksud edible adalah "bisa dimakan". Mulai dari kertas dan tinta yang digunakan semua bisa dimakan, dan mendapat jaminan "HALAL" dari LP POM MUI Riau sejak tahun 2008 karena dinyatakan tidak melanggar Syariat Islam. Perusahaan ini lahir dengan tujuan memberi kemudahan pada pemula ( bakers ) dalam menghias / dekor kue.

Perusahaan edible printing pertama di Indonesia berdiri pada tahun 2004, hingga sekarang sudah melahirkan bakery - bakery atau cake shop yang sudah siap melayani edible printing. Dan sekarang pun sudah mempunyai Pelanggan lebih dari 200 Cake shop maupun Hotel - hotel yang memesan langsung ke perusahaan edible printing. Untuk saat ini, pemasok bahan - bahan pembuatan Photo Cake tidak banyak di Indonesia. Karena itu di bukalah Training khusus bagi Bakery - bakery atau Cake Shop yang ingin memiliki Edible Printing di Tempat mereka, dengan syarat pembelian Printer Set khusus.

Produk - produk perusahaan Edible Printing adalah bahan - bahan yang Foodgrade, Dari kertas yang digunakan, ada Kertas Gula / Sugar Paper (Icing Image), Kertas Coklat (Transparance Transprint), dan untuk Tinta yang digunakan pun bisa diminum, karena hanya sebuah pewarna makanan.


ARUS KAS

Perusahaan ini menerapkan Sistem Indirect Order dan Direct Order dalam hal Penerimaan Kas, Direct Order adalah pemesanan langsung ditempat untuk printing Edible Image atau pembelian Produk lainnya, sedang kan Indirect Order adalah pemesanan yang sifatnya rutin dan Bulanan yang biasanya masuk sebagai Piutang. Selain itu perusahaan ini juga sebagai pemasok / supplier bagi Cake Shop - Cake Shop yang biasanya juga menerima order Printing Edible Image.

Sedangkan dalam Arus Pengeluaran Kas, untuk Perusahaan Asli untuk mendapatkan bahannya tidak perlu proses yang berbelit - belit, karena Perusahaan ini mempunyai Pabrik pembuatan Produknya sendiri, sedangkan untuk Bakery dan Cake Shop, mereka harus mengambil bahan pembuatan Edible Image tetap harus melewati Perusahaan Aslinya yang juga bertindak selaku Supplier.

Dan untuk saat ini, transaksi dan Pemesanan sudah bisa mencakup ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke Papua, dan sudah beranjak ke Dunia Internasional, karena belakangan ini banyak juga Konsumen - konsumen yang tertarik khususnya di Negara Malaysia dan Singapore. Yang membuatnya begitu maju, karena Perusahaan ini sangat orisinil dan membawa merk Sendiri.

Dikutip dari Situs Perusahaan

Comments :

0 komentar to “Sistem Informasi Arus Kas Perusahaan Edible Printing”

Posting Komentar